Jumat, 26 Desember 2008

Proposal Anatomi

Media Audio Visual Gerak Model e-Media Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Mata Kuliah Anatomi

Mahasiswa Progran Studi Pendidikan Olahraga

FKIP Universitas PGRI Palembang


1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

Anatomi adalah ilmu urai yang membahas tentang susunan tulang manusia termasuk pada persendian (arthologie) dan otot (myologie) yang berkaitan dengan penggerak pada manusia. Dimana osteologi merupakan ilmu yang tergabung pada anatomie. Osteologi khusus membahas tentang tulang-tulang pada manusia sebagai pengungkit sedangka penggeraknya dilakukan oleh otot-otot yang menempel pada tulang sesuai dengan origo dan insertionya. Susunan tulang pada menusia dari cranum (tengkorak) hingga ke tarsalia (kaki) yang membentuk kerangka pada manusia atau sekelethon yang dibalut oleh berbagai jaringan ikat. Seperti otot, endo, ligamen, membran.

Osteologie adalah ilmu yang khusus mepelajari tentang tulang manusia. Ilmu ini tergabung pada ilmu urai. Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian atau uraian tulang manusia yang membentuk kerangka manusia. Kerangka (skeleton) dibangun oleh terdiri dari berbagai jenis dan bentuk tulang meliputi tulang-tulang panjang, tulang pendek, dan tulang pipih.

Strategi belajar mengajar menurut Muhibbin Syah (2002), didefenisikan sebagai sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan tertentu. (internet, http://muhammadadri.wordpress.com)

Ada beberapa tahapan yang dapat digunakan dalam proses mengajar antara lain adalah :

1. Strategi perumusan sasaran proses belajar mengajar (PBM) yang berkaitan dengan strategi yang akan digunakan oleh pengajar dalam menentukan pola ajar untuk mencapai sasaran PBM.

2. Strategi perencanaan proses belajar mengajar, berkaitan dengan langkah – langkah pelaksanaan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Dalam tahap ini termasuk perencanaan tentang media ajar yang akan digunakan.

3. Strategi pelaksanaan proses belajar mengajar, berhubungan dengan pendekatan sistem pengajaran yang benar – benar pokok bahasan materi.

Ada banyak sekali media yang dapat dipergunakan dalam kegiatan PBM, media itu sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya menjadi :

1. Media auditif, media ini hanya mengandalkan pada kemampuan suara saja sebagai alat bantu dalam PBM, misal tape recorder.

2. Media visual, media visual ini hanya mengutamakan pada indra penglihatan saja dalam bentuk visual.

3. Media audio visual, media audio visual, yaitu media gabunngan antara auditif dan visual, media ini mempunyai unsur suara dan gerak. Jenis media ini jelas mempunyai

1.

1. Adakah Pengaruh Pembelajaran Model e-Media dalam miningkatkan motivasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang ?

2. Adakah pengaruh tingkat kemampuan awal mahasiswa yang menggunakan media animasi audio visual gerak model e-Media dengan mahasiswa yang tidak menggunakan media animasi audio visual gerak ?

2. Rumusan Masalah

kemampuan yang lebih baik, media audio visual ini terbagai menjadi dua jenis;

(internet, http://muhammadadri.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar