Selasa, 30 Desember 2008

PERANAN SPORT FOR ALL

PERANAN SPORT FOR ALL DALAM UPAYA

MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI

OLEH: M. Nirwan

Staf Pengajar FKIP Universitas PGRI Palembang Prodi Olahraga


Abstrac

Sport for all merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan gerak jasmani melalui berbagai kegiatan olahraga, seperti halnya di Indonesia melalui Panji olahraga dengan “ mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga”. Jadi sport for all bertujuan untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga dalam mengisi waktu luangnya, guna meniningkatkan kesehatan dan kesegaran jasmani atau kebugaran, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Kata Kunci: Sport for all dan Kesegaran Jasmani

PENDAHULUAN

Diabad modern dewasa ini seluruh lini kehidupan tidak terlepas dengan peranan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih. Sehingga seluruh aktifitas kehidupan di muka bumi ini hampir seluruhnya di dominasi oleh alat bantu yang serba cepat dan moderen. Hal ini sebagai hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia. Sehingga aktifitas jasmani hampir tidak diberdayakan dan dampaknya sangat mempengaruhi pola hidup manusia yang berakibat pada krisis gerak. Gerak jasmani yang selama ini lebih dominan tidak lagi terpakai, dan akibatnya banyak berdampak terhadap gangguan fisik yang berkaitan dengan faktor kesehatan dan kebugaran, ditambah dengan pola makan pada masyarakat moderen terutama yang tinggal di kota-kota besar, kurang memperhatikan jumlah kalori yang masuk dengan kalori yang keluar (digunakan). Sehingga menimbulkan masalah terhadap gangguan fisik yang berakibat sangat patal terhadap kelangsungan hidup. Diterpa dengan berbagai penyakita akibat pola makan dan pola hidup yang yang salah (tidak seimbang). Seperti penyakit jantung sebagai salah satu penyakit yang mematikan nomor dua setelah penyakit menular, penyakit ginjal, diabetes, kerapuhan tulang osteo porporasis dan masih banyak penyakit lain yang ditimbulkan akibat kurang gerak dan pola makan yang tidak seimbang.

Untuk mengatasi dan mencegah semua permasalahan tersebut di berbagai negara berlomba-lomba untuk mencari formula yang tepat, sebagai langkah tepat untuk mencari solusi untuk mengatasi krisis gerak yang melanda diseluruh lapisan masyarakat, terutama pada masyarakat usia lansia. Di Indonesia formula yang digunakan untuk mengatasi krisis gerak, dilakukan gerakan olahraga melalui panji olahraga yang disebut memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Kegiatan ini telah di canang kan sejak tahun 1983 dan masuk pada GBHN (Garis Garis Besar Haluan Negara) Ini merupakan bukti keseriusan bangsa Indonesia dalam menanamkan pola hidup sehat dan bugar melalui kegiatan olahraga dalam mengisi waktu luangnya. Para pakar dan seluruh lapisan masyarakat akan yankin bahwa olahraga merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai alat yang paling efektif untuk mencegah terjadinya gangguann pada tubuh atau fisik yang selama ini mendera masyarakt moderen.

Untuk mempermudah dalam melakukan gerak jasmani melalu berbagai cabang olahraga sebagai alat, maka setiap individu dipersilahkan untuk melakukan olahraga apa saja disesuaikan dengan hobi dari masing-masing. Seperti jalan, lari atau jogging, berenang, tenis lapangan, bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, bulu tangkis dan sebagainya, yang penting harus dilakukan secara teratur, terus menerus. Minimal setiap meinggunya tiga kali dan setiap melakukan satu jam sampai dua jam. Tapi hal ini perlu disesuaikan dengan tingkat usia dan kondisi fisik individu pada saat melakukan kegiatan tersebut. Adapun sejarah, pengertian dan program sport for all itu sendiri akan di jelaskan lebih lanjut pada pembahasan di bawah ini, termasuk implementasinya dalam meningkatkan hidup sehat dan bugar melalui olahraga.

Di Indonesia pengertian sport for all masih belum populer dan masih banyak lapisan masyarakat yang belum tau apa itu sport for all. Untuk itu penulis sebagai salah satu insan olahraga sangat berkepentingan untuk mensosialisasikan pengertian dan manfaat sport for all sebagai kegiatan yang positif untuk pengisi waktu luang, melalui kegiatan olahraga. Hal ini penting dalam upaya mendorong masyarakat dalam membudayakan hidup sehat melalui kegiatan olahraga, dan dilakukan oleh setiap individu secara suka rela. Untuk itu sport for all sering juga diakitkan dengan olahraga rekreasi. Yaitu olahraga yang dilakukan pada waktu luang baik secara sendiri-sendiri maupun berkelompok bertujuan untuk mendapatkan kesehatan, kebugaran dan kesenangan bagi yang melakukanya.

2. Hakikat Sport for all

Sport for all diperkenalkan oleh orang-orang Eropah sejak tahun 1960 an. Dan dikembangkan secara luas dan dimotori oleh orang Norwegia, dengan waktu yang tidak terlalu lama tepatnya pada tahun 1965 sudah mencapai 40 negara pada saat diselenggarakan pertemuan internasional di Frankfurt dengan nama Trim and Fitness Confrence. Adapun nama kegiatan sport for all di setiap Negara berbeda-beda. Tetapi konsep dari kegiatan tersebut pada prinsipnya sama adalah untuk mengatasi kekurangan gerak yang melanda masyarakat dunia atau sering disebut krisis gerak, akibat kemajuan teknologi yang serba canggih.

Adapun konsep atau gagasan yang mendasari pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan sport for all di antaranya adalah :

  1. Berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat. Seluruh masyarakat pasti akan mendambakan untuk hidup sehatn dan bugar. Untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran alat yang paling efektif adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dan berkesinambungan. Adapun untuk memilih olahraga diberikan kebebasan cabang olahraga apa saja sesuai dengan kegemaran individunya untuk mendapatkan fitness mereka.
  2. Sebagai reaksi dari gerakan Olympic adalah menempatkan olahraga dimana saja untuk melayani perkembangan manusia secara harmonis dengan maksud untuk mendorong terciptanya masyarakat yang damai berkaitan dengan pemeliharaan martabat manusia. Tetapi dalam pelaksanaan Olympic dilakukan oleh atlet yang memiliki bakat dan kualitas tinggi yang bias ikut. Sehingga dilakukan seleksi yang amat ketat. Tetapi pada sport for all didasarkan atas kegembiraan pada para pesertanya dan tidak perlu kompetisi tidak perlu ada seleksi atau pembatasan bagi peserta sport for all. Karena tujuan dari sport for all adalah untuk melakukan kegiatan olahraga sesuai dengan hobi dan kebutuhannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmaninya.
  3. Akibat penemuan kembali budaya yang berkaitan dengan olahraga tradisional atau permainan tradisional disetiap Negara. Gerakan sport for all tidak hanya sebagai reaksi saja pada gerakan Olympic yang memiliki aturan sangat ketat. Tetapi sebagai pendorong bagi Negara-Negara berkembang untuk dapat menggali lagi olahraga atau permainan-permainan tradisionil yang memilki peraturan sendiri. Dengan demikian dapat dipakai untuk memperkaya khasanah budaya. Olahraga tradisionil tersebut juga dapat dikemas lebih menarik sehingga dapat dikemas untuk melakukan promosi pariwisata. Untuk memberikan kesejahtraan masyarakat sekitarnya. Sebagai olahraga dayung (perahu) di Palembang Sumsel yang diselenggarakan setiap ulang tahun Kota Palembang , yang disebut “Bidar”. Kegiatan tersebut dapat mempromosikan pariwisata di Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang. Sekarang sedang gencar di promosikan baik ditingkat nasional maupun internasionl melalui Visit Musi 2008.

Sport for all dinegara-negara maju seperti di Jerman sudah merupakan kegiatan sehari-hari. Artinya seluruh lapisan masyarakat sudah sangat paham tentang manfaat olahraga dalam meningkatkan kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran fisiknya. KONI Jerman yang disebut “Deutscher Sportbund” sangat peduli untuk mempelopori kegiatan yang berkaitan dengan sport for all. Sejak tahun 1971 sport for all di Jerman diperkenalkan semua lapisan masyarakat keluarga boleh melakukan kegiatan apa saja. Seperti jalan, jogging, senam, renang, bersepeda, cross country dengan peningkatan denyut jantung cukup 130 per menit ( Harzuki: 2003, 286). Di Canada kegiatan yang berkaitan dengan sport for all telah dikenal sejak 1943 sejak Undang-Undang tentang national Physical Fitness diterapkan, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan (Harzuki: 2003. 289)

Sport for all yang memiliki pengertian olahraga untuk semua, suatu kegiatan olahraga yang bersifat masal, suatu kegiatan jasmani dengan menggunakan berbagai cabang olahraga sebagai alat untuk melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kehobiannya, Sport for all bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran melalui kegiatan olahraga sebagai pengisi waktu luangnya. Sport for all juga merupakan salah satu alternatif untuk membudayaakan hidup sehat melalui kegiatan olahraga.

3. Hakikat Kesegaran Jasmani

Kesegaran jasmani dapat didifinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat melaksanakan kegiatan atau kinerja yang memerlukan kekuatan, koordinasi, keterampilan, dan daya tahan dengan efisien yang tidak mengakibatkan kelelahan berarti (Arismunandar: 1999. 4). Seseorang yang memiliki kesegaran jasmani, maka ia akan dapat menunjukan kemampuan yang tinggi, secara konstan ia akan memiliki daya tahan umum yang tinggi termasuk daya tahan otot, bentuk tubuh, dan secara otomatis ia akan memiliki kemampuan gerak lebih baik, sehingga ia mampu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas yang dibebankannya. Ditinjau dari kesehatan olahraga bahwa Vo2 Max merupakan indicator sutu kebugaran jasmani atau kapasitas fisik seseorang . artinya semakin besar Vo2 Max seseorang berarti semakin baik kebugaran jasmani atau kapasitas fisiknya (Harzuki :2003. 248). kesegran jasmani adalah kondisi fisik yang berkaitan dengan kemampuan dan kesanggupannya dalam melaksanakan pekerjaan secara optimal dan efisien (Depdikbud:1995.1). disadari atau tidak bahwa kesegaran jasmani sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Karena kesegaran jasmani selalu berkaitan dengan aktivitas hidup manusia, tingkat kesegaran jasmani seseorang akan selalu memberikan corak pada prilaku dalam kehidupan sehari-harinya.

Kesegaran jasmani atau kebugaran fisik merupakan dambaan bagi setiap orang untuk menopang kehidupan dan pekerjaan sehari-hari yang diembannya. Tingkat kesegaran jasmani pada setiap individu jelas tidak sama, tergantung pada kepiawiannya dalam memlihara kesegaran jasmani. Karena kesegaran jasmani seseorang akan dipengaruhi oleh berbagai variable. Kesegaran jasmani tidak hanya bertujuan untuk membentuk daya tahan tubuh, juga sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan terhadap psikologis. Artinya orang yang memiliki kesegaran jasmani tinggi, maka ia dapat dipastikan akan memiliki ketahanan terhadap komponen yang berkaitan dengan kejiwaannya. seperti stress, kecemasan, emosi dan orang yang memiliki kesegaran jasmani tinggi, maka orang tersebut akan memiliki percaya diri yang baik.

Untuk mewujudkan kesegaran jasmani harus mengaitkan berbagai faktor sering disebut dengan general factor meliputi tiga pilar pembangunan olahraga yaitu; penyediaan ruang terbuka, peningkatan sumber daya manusi dan partisipasi masyarakat untuk membudayakan hidup sehat melalui kegiatan olahraga. Disamping itu kesegaran jasmani juga merupakan salah satu prasyarat bagi seseorang untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari secara produktif. Disamping itu ia akan memiliki motivasi yang tinggi untuk dapat menyelesaiakan kainginannya agar tercapai dengan baik. Tingkat kesegaran jasmani juga akan memberikan percaya diri, karena ia akan merasa mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankannya. Seseorang yang memiliki tingkat kesegaran jasmani tinggi, maka ia akan memiliki banyak kesempatan untuk berbuat dan melakukan apa yang ia inginkan.

Kesegaran jasmani tidak hanya berorientasi pada masalah fisik, tetapi memiliki arah dan orientasi pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki ketahanan psiko-fisik secara menyeluruh ( Motohir:2002.160). Hal ini senada dengan moto Yunani kuno “Mensana in corpore Sano”, yang berarti badan yang sehat akan bersemayam jiwa yang sehat pula. Sama halnya denga tujuan pendidikan jasmani di Indonesia adalah membentuk manusia Indonesia seutuhnya baik jasmani maupun rohaninya. Kesegaran jasmani juga sering diindentikan dengan kondisi fisik meliputi komponen kekuatan, kecepatan, daya tahan otot, dan kelentukan, power, keseimbangan, kelincahan, koordinasi, tetapi ada juga para pakar yang menambahkan pada daya tahan jantung dan paru-paru. Berdasarkan uraian tentang beberapa teori kesegaran jasmani, maka yang dimaksud dengan kesegaran jasmani pada tulisan ini adalah kemampuan fisik dalam melakukan suatu aktifitas tertentu dengan waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih mampu melakukan aktivitas lainnya.

Di Negara-negara maju seperti Australi kesegaran jasmani sering menggunakan istilah Strength and condition. Di Indonesia istilah kesegaran jasmani masih sering diperdebatkan terutama bagi para pelatih yang akan mengukur keadaan Atletnya, setelah menjalankan program latihan atau pada saat menjelang pelaksanaan kejuaran baik dalam perlombaan maupun pertandingan. Di satu pihak kesegaran jasmani hanya diartikan sebagai kemampuan fisik umum untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan komponen lain tidak begitu dihiraukan, seperti teknik, taktik dan kemampuan non teknik lainnya. Bahkan para pelatih khususnya di Sumatera Selatan belum terbiasa untuk melakukan tes-tes yang berkaitan dengan tingkat kesegaran jasmani terhadap para Atletnya. Sehingga tidak jarang para Atlet belum menyadari pentingnya standard kondisi fisik dalam menghadapi pertandingan atau perlombaan. Sehingga atlet yang di kirim dalam mengikuti disetiap kejuaran baik ditingkat regional maupun nasional hasilnya sangat memprihatinkan.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani fisik bagi cabang olahraga yang seseorang adalah:

1. Umur

Kapasitas fungsional akan terus naik hingga mencapai puncaknya pada usia 25 – 30 tahun, kemudian akan terjadi penurunan kapasitas fungsional dari seluruh sel tubuh kira-kira sebesar 0.8-1% per tahun. Tapi bila kita rajin berolahraga penurunan ini dapat dikurangi sampai separuhnya.

2. Jenis kelamin

Sampai pubertas biasanya kesegaran jasmani anak laki-laki hampir sama dengan anak perempuan. Akan tetapi, setelah pubertas anak laki-laki biasanya memiliki nilai yang jauh lebih besar.

3. Keturunan

Keturunan berpengaruh terhadap kapasitas jantung, paru, postur tubuh, obesitas, hemoglobin/sel darah dan serat otot.

4. Makanan yang dikonsumsi

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang tinggi, diperlukan diet tinggi karbohidrat yaitu sekitar 60-70%, yang dibutuhkan untuk mengisi cadangan glikogen yang ada di otot. Sementara diet tinggi protein diperlukan untuk memperbesar otot dan untuk olahraga yang membutuhkan kekuatan otot yang besar.

5. Rokok.

Kadar CO yang terhisap akan mengurangi nilai VO2Max, yang berpengaruh terhadap daya tahan. Selain itu, Perkins dan Sexton Nicotine dapat memperbesar pengeluaran energi dan mengurangi nafsu makan.

6. Berolahraga

Seseorang yang berolahraga secara teratur dan kontinu melalui program yang terarah maka dapat dipastikan akan memiliki kesegaran jasmani yang optimal. Kesegaran jasmani merupakan komponen yang sangat utama bagi setiap individu dalam melakukan setiap aktifitas atau kinerja.

Suatu kinerja yang tidak didukung oleh kesegaran jasmani yang baik, maka dapat dipastikan hasil yang di capai tidak akan optimal. Untuk itu kesegaran jasmani merupakan salah satu kebutuhan manusia. yang dimaksud kesegaran jasmani pada makalah ini adalah seseorang yang mampu melakukan aktifitas atau pekerjaan sehari-harinya tanpa menglamai kelelahan yang berarti. Artinya ia setelah menyelesaikan pekerjaan rutinnya masih mampu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

4. Implikasi Sport for all terhadap Kesegaran Jasmani

Sport for all adalah olahraga untuk semua, yaitu kegiatan yang dilakuakn melalui berbagai kegiatan olahraga bersifat masal. Artinya orang bebas untuk melakukan berbagai cabang olahraga sesuai dengan hobinya, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesegaran jasmani. Pengertian sehat adalah sehat jasmani dan rohani bebas dari cacat dan kelemahan. Sedangkan kesegaran jasmani memiliki setatus lebih tinggi dibandingkan dengan sekedar sehat. Orang yang memiliki kesegaran jasmani adalah orang yang mampu melakukan aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Artinya setelah melakukan pekerjaan sehari penuh ia masih mampu untuk melakukan pekerjaan lainnya, maka orang tersebut memiliki kesegarn jasmani yang baik.

Untuk mendapatkan tingkat kesegaran jasmani dapat diperoleh melalui berbagai faktor diantaranya melalui makanan yang seimbang, melakukan kegiatan olahraga yang dilakukan secara teratur terus menerus dengan program yang terarah dengan baik. Seperti kegiatan sport for all atau olahraga untuk semua dimana kegiatan tersebut dapat dilakuakan oleh semua lapisan masyarakat dan dapat dilakukan dimana saja. Karena kegiatan sport for all merupakan salah satu kegiatan jasmani yang disesuaikan dengan tingkat usia dan jenis kelamin. Program dan kegiatan sport for all memang disesuaikan dengan kebutuhan dari individu yang diperuntukan sebagai upaya untuk membudayakan pola hidup sehat dan segar melalui kegiatan olahraga. Untuk itu sport for all memiliki peran yang amat penting sebagai salah satu sarana pengisi waktu luang melalui kegiatan yang positif.

Berdasarkan uraian tersebut maka sport for all memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam upaya meningkatkan kesegaran jasmani seseorang. Karena dalam program sport for all seseorang bebas untuk memilih cabang olahraga untuk melakukan aktifitas fisiknya untuk memperoleh kebugaran

5. Penutup

Kita menyadari bahwa dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, yang akan menghasilkan berbagai alat Bantu untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya. Dibalik dengan diciptakannya berbagai peralatan yang semakin canggih akan berdampak buruk terhadap kualitas fisik manusia. Hal ini akibat rendahnya aktifitas fisik yang dilakukan oleh manusia, bahkan para pakar olahraga diberbagai duni menyatakan diabat moderan ini terjadi adanya krisis gerak yang melanda manusia tertuma yang hidup dikota-kota besar, yang berakibat meningkatnya berbagai penyakit akibat kurang gerak. Seperti caridio vasculair (jantung), gagal ginjal, diabetes, kerapuhan tulang, dan penyakit obisitas (kegemukan). Bahkan penyakit jantung sudah menempati urutan kedua yang menimbulkan kematin setelah penyakit menular.

Untuk mengatasi berbagai penyakit tersebut kita harus membudayakan hidup sehat dan bugar melalui kegiatan olahraga sebagai pengisi waktu luangnya yang di kemas pada sport for all, terutama pada usia diatas 30 tahun, harus sudah rutin melakukan kegiatan olahraga. Adapun kegiatan olahraganya terserah individu olahraga apa saja disesuaikan dengan hobinya dan dilakukan minimal satu minggi tiga kali dan setiap sesennya minim 45 menit sampai 90 menit. Apabila kegiatan tersebut dilakukan secara trus menerus dengan program latihan yang terarah, maka dapat dipastikan akan memiliki tingkat kesegaran jasmani yang optimal.


DAFTAR PUSTAKA

Arismunandar Wismoyo. 1999. Peran Kesegaran Jasmani dalam mendukung pencapaian puncak Prestasi Olahraga .Jakarta: KONI Pusat

Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta: PT., Raja Grafindo Persada

Mutohir, T., Cholik. 2002. Gagasan- gagasan Tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Mutohir, T., Cholik. Dan Maksum Ali: 2007. Sport Developmen Indek Alternatif Baru Dalam Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Keolahragaan. Jakarta : Pt. Indeks.

______1995. Tes Kesegaran Jasmani Untuk Remaja. Jakarta: Depdikbud

Hereditas & Lingkungan (Ringkasan Bhn. Martikulasi Pps Unsr)

HEREDITAS DAN LINGKUNGAN

Soal Pembawaan dan lingkungan merupakan soal yang sangat penting dalam psikologi dan erat

hubungannya dengan ilmu mendidik.

Bertahun-tahun lamanya para ahli didik, ahli biologi, ahli psikologi dan lain-lain memikirkan dan berusaha

mencari jawaban atas pertanyaan: perkembangan manusia itu kepada pembawaan ataukah kepada

lingkungan? Atau dengan kata lain: dalam perkembangan anak muda hingga menjadi dewasa faktor-faktor

yang menentukan itu, faktor yang dibawa dari keturunan (pembawaan) ataukah pengaruh-pengaruh

lingkungan?

Dalam usaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dikemukakan adanya bebarapa pendapat:


a. Airan Nativisme

Aliran ini berpendapat bahwa segala perkembangan manusia itu telah ditentukan oleh faktor-faktor

yang dibawa sejak lahir. Pembawaan yang telah terdapat pada waktu dilahirkan itulah yang menetukan hasil

perkembangannya. Menurut Nativisme, pendidikan tidak dapat mengubah sifat-sifat pembawaan. (Purwanto, M.Ngalim, 1990: 14)

b. Aliran Empirisme

Aliran ini mempunyai pendapat yang beralawanan dengan kaum nativisme. Meraka berpendapat bahwa dalam perkembangan anak menjadi manusia dewasa itu sama sekali ditentukan oleh lingkungannya atau sejak pendidikan dan pengalaman yang diterimanya sejak kecil. Manusia-manusia dapat didik menjadi apa saja (ke arah yang baik maupun ke arah yang buruk) menurut kehendak lingkungan atau empiris ibi didiknya. Dalam pendidikan, terdapat kaum empiris ini terkenal dengan nama Optimisme paedagogis. Kaum behavioris pun sependapat dengan kaum empiris itu. Watson seorang behaviouris (Amerika): “Berikan saya sejumlah anak-anak yang keadaan badannya dan situasi-situasi yang saya butuhkan: dari setiap orang anak, entah yang mana, dapat saya jadikan dokter, seorang padagang, seorang ahli hukum, atau memang jika dikehendaki seorang pengemis atau seorang pencuri”. (Purwanto, M. Ngalim, 1990: 14)

c. Aliran Konvergensi

Aliran ini berasal dari ahli psikologi bangsa Jerman bernama William Stern. Ia berpendapat bahwa pembawaan dan lingkungan kedua-duanya menentukan perkembangan manusia. Terdapat dua aliran yang menganut konvergensi, yaitu aliran konvergensi yang lebih menekankan kepada pengaruh pembawaan daripada lingkungan, dan yang sebaliknya. (Purwanto, M. Ngalim, 1990: 15)

Perkembangan manusia bukan hasil belaka dari pembawaannya dan lingkungannya. Manusia tidak hanya diperkembangkan tetapi memperkembangkan dirinya sendiri. Manusia adalah mahluk yang dapat dan sanggup memilih dan menentukan sesuatu yang mengenai dirinya dengan bebas. Karena itu ia bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya; ia dapat juga mengambil keputusan yang berlainan daripada apa yang pernah diambilnya.

Proses perkembangan manusia tidak hanya ditentukan oleh faktor pembawaan yang ada pada orang itu dan faktor lingkungannya yang mempengaruhi orang itu. Aktivitas manusia itu sendiri dalam perkembangannya turut menentukan atau memainkan peranan juga.

Sebagai kesimpulan dapat dikatankan: Jalan perkembangan manusia sedikit banyak ditentukan oleh pembawaan yang turun-menurun yang oleh aktivitas dan pemilihan atau penentuan manusia sendiri yang dilakukan dengan bebas di bawah pengaruh faktor-faktor lingkungan yang tertentu berkembang menjadi sifat-sifat. (Purwanto, M. Ngalim, 1990: 16)


A. HEREDITAS

Hereditas dapat diartikan sebagai pewarisan atau pemindahan karakteristik biologis individu dari pihak kedua orang tua ke anak atau karakteristik biologis individu yang dibawa sejak lahir yang tidak diturunkan dari pihak kedua orang tua.

a. Keturunan


Kita dapat mengatakan bahwa sifat-sifat atau ciri-ciri pada seorang anak adalah keturunan, jika sifat-sifat atau ciri-ciri tersebut diwariskan atau diturunkan melalui sel-sel kelamin dari generasi yang lain. Meskipun kita melihat suatu sifat atau ciri-ciri yang sama antara orang tua dan anaknya, kita belum dapat mengambil kesimpulan bahwa sifat-sifat atau ciri-ciri pada anak itu merupakan keturunan. Umpamanya: Bapak malas dan anaknya juga malas, ini belum berarti bahwa kemalasan anak itu adalah keturunan. Mungkin sifat malas pada anak itu disebabkan karena dengan tiada sadar anak itu “meniru” dari orang tuanya, jadi mungkin adalah pengaruh lingkungan.

Memang benar bahwa anak-anak kembar yang berasal dari satu telur menunjukkan persamaan-persamaan yang banyak sekali, baik mengenai sifat-sifat kejasmanian maupun mengenai kerohaniannya, jadi merupakan sifat-sifat yang menurun. Tapi dari penyelidikan, ternyata jika anak kembar yang berasal dari satu telur masing-masing dididik dalam lingkungan yang berlain-lainan akan terlihat pula perbedaannya. Nyatalah di sini bahwa lingkungan berpengaruh besar pula, sehingga sulit penentuan bahwa suatu sifat itu keturunan atau bukan.

Sifat ataupun ciri-ciri jasmaniah yang tertentu yang diperoleh karena keturunan, seperti seorang anak yang berambut pirang atau ikal, bermata lebar atau sipit, berbada tinggi atau pendek, periang, lincah atau pendiam.

Sifat-sifat kejiwaan lebih sulit ditentukan, apakah diperoleh dari keturunan atau bukan, hal ini dikarenakan sifat-sifat kejiwaan lebih mudah berubah atau terpengaruh oleh keadaan-keadaan lingkungan selama perkembangannya.

Banyak para ahli yang berusa menyelidiki sifat-sifat kejiwaan manusia yang berkenaan dengan keturunan, tetapi sampai sekarang penyelidikan itu masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dikarenakan faktor-faktor berikut:

1. Pada manusia tidak dapat dilakukan persilangan (kruising) menurut rencana tertentu umpamanya persilangan antara dua ras yang sangat berlainan asalnya.

2. Masa perkembangan manusia begitu lama, sehingga mengakibatkan sifat-sifat yang ada terjadi karena keturunan dapat tersembunyi dengan lamanya, sebelum sifat-sifat itu muncul pada individu.

3. Adanya jumlah anak manusia yang relatif.

b. Pembawaan


Pembawaan ialah seluruh kemungkinan-kemungkinan atau kesanggupan-kesanggupan (potensi) yang terdapat pada seorang individu dan yang selama masa perkembangannya benar-benar dapat diwujudkan (direalisasikan). Misalnya: sejak dilahirkan anak mempunyai kesanggupan untuk dapat berjalan, potensi berkata-kata, potensi untuk belajar ilmu pasti, pembawaan untuk bahasa, untuk menggambar, intelegensi yang baik dan lain-lain.

Potensi-potensi yang bermacam-macam itu tentu saja tidak dapat direalisasikan atau dapat dinyatakan begitu saja, malainkan harus mengalami perkembangan serta membutuhkan latihan-latihan. Potensi dapat diketahui dengan memperhatikan prestasi-prestasi (actual ability), bentuk wataknya dan tingkah laku seorang individu.

Semua yang dibawa oleh si anak sejak dilahirkan dan diterima karena kelahirannnya adalah pembawaan. Tetapi pembawaan itu tidaklah semuanya diperoleh karena keturunan. Sebaliknya, semua yang diperoleh karena keutunan adalah dapat dikatakan pembawaan (pembawaan keturunan. (Purwanto, M. Ngalim, 1990: 24)


Beberapa macam pembawaan:


1. Pembawaan jenis

Tiap-tiap manusia biasa di waktu lahirnya telah memiliki pembawaan jenis, yaitu jenis manusia. Bentuk badannya, anggota-anggota tubuhnya, intelegensinya, inggatannya dan sebagainya semua itu menunjukkan ciri-ciri yang khas dan berbeda dengan jenis-jenis mahluk lain.

2. Pembawaan ras

Dalam jenis manusia pada umumnya masih terdapat lagi bermacam-macam perbedaan yang termasuk pembawaan keturunan, yaitu pembawaan keturunan mengenai ras. Seperti ras Indo Jerman, ras Mongolia, ras Negro dan lain-lain. Masing-masing ras itu dapat terlihat perbedaannya satu sama lain.

3. Pembawaan jenis kelamin

Setiap manusia yang normal sejak lahir telah membawa pembawaan jenis kelamin masing-masing: laki-laki atau perempuan. Pada kedua jenis kelamin itu terdapat pula perbedaan sikap dan sifatnya terhadap dunia luar.

4. Pembawaan perseorangan

Tiap-tiap orang sendiri-sendiri (individu) memiliki pembawaan yang bersifat individual (pembawaan perseorangan) yang tipikal. Tiap-tiap individu meskipun bersamaan ras atau jenis kelaminnya, masing-masing mempybai pembawaan watak, intelegnsi, sifat-sifat dan sebagainya yang berbeda-beda.

Pembawaan ras, pembawaan jenis, dan pembawaan kelamin sedikit sekali dipengaruhi oleh lingkungan, akan tetapi pembawaan perorangan dalam pertumbuhannya lebih ditentukan oleh lingkungan, antara lain ialah:

a. Konstitusi tubuh: termasuk dalamnya: motorik, seperti sikap badan, sikap berjalan, air muka, gerakan bicara.

b. Cara bekerja alat-alat indera: ada orang yang lebih menyukai beberapa jenis stimulus tertentu yang mirip dengan kesukaan yang dimiliki oleh ayah atau ibunya.

c. Sifat-sifat ingatan dan kesanggupan belajar.

d. Tipe-tipe perhatian, intelegensi kosien (IQ) serta tipe-tipe intelegensi.

e. Cara-cara berlangsungnya emosi-emosi yang khas: cepat atau lambatnya bereaksi terhadap sesuatu: dengan keras atau tenang; cara timbulnya perasaan atau pikiran dan sebagainya (temperamen).

f. Tempo dan ritme perkembangan.


B. LINGKUNGAN


Lingkungan ialah faktor yang datang dari luar diri individu, merupakan pengalaman-pengalaman, alam sekitar, pendidikan dan sebagainya. Pengaruh pendidikan dan pengaruh lingkungan sekitar itu sebenarnya terdapat perbedaan. Pada umumnya pengaruh lingkungan bersifat pasif, dalam arti bahwa lingkungan tidak memberikan suatu paksaan kepada individu. Lingkungan memberikan kemungkinan-kemungkinan atau kesempatan-kesempatan kepada individu. Bagaimana individu mengambil manfaat dari kesempatan yang diberikan oleh lingkungan tergantung kepada individu bersangkutan. Tidak demikian halnya dengan pendidikan. Pendidikan dijalankan dengan penuh kesadaran dan dengan secara sistematis untuk mengembangkan potensi-potensi ataupun bakat-bakat yang ada pada individu sesuai dengan cita-cita atau tujuan pendidikan. Dengan demikian pendidikan bersifat aktif, penuh tanggung jawab dan ingin mengarahkan perkembangan individu ke suatu tujuan tertentu.

Lingkungan secara garis besar dapat dibedakan:

a. Lingkungan fisik, Yaitu lingkungan yang berupa alam, misalnya keadaan tanah, keadaan musim, dan sebagainya. Lingkungan alam yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda pula kepada individu. Misalnya: daerah pegungungan akan memberikan pengaruh yang lain bila dibandingkan dengan daerah pantai. Daerah yang mempunyai musin dingin akan memberikan pengeruh yang berbeda dengan daerah yang penuh dengan musim panas.

b. Ligkungan sosial, yaitu merupakan lingkungan mayarakat, di mana dalam lingkungan masyarakat ini adanya interaksi individu satu dengan individu lain. Keadaan masyarakatpun akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu.

Lingkungan sosial dibedakan:

1. Lingkungan sosial primer, yaitu lingkungan sosial di mana terdapat hubungan yang erat antara anggota satu dengan anggota lain, anggota satu saling kenal mengenal dengan baik dengan anggota lain. Oleh karena di antara anggota telah ada hubungan yang erat, maka sudah tentu pengaruh dari lingkungan sosial ini akan lebih mendalam bila dibandingkan dengan lingkungan sosial yang hubungannya tidak erat.

2. Lingkungan sosial sekunder, yaitu lingkungan sosial yang hubungan anggota satu dengan anggota lain agak longgar. Pada umumnya anggota satu dengan anggota lain kurang atau tidak saling kenal mengenal. Karena itu pengaruh lingkungan sosial sekunder akan kurang mendalam bila dibandingkan dengan pengaruh lingkungan sosial primer.

Hubungan individu dengan lingkungannya ternyata tidak hanya berjalan sebelah, dalam arti hanya lingkungan saja yang mempunyai pengaruh terhadap individu, Hubungan antara individu dengan lingkungan terdapat hubungan yang saling timbal balik, yaitu lingkungan dapat mempengaruhi individu, tetapi sebaliknya individu juga dapat mempengaruhi lingkungan. (Walgito, Bimo, 1980: 50)

Sikap individu terhadap lingkungan dapat dikemukakan sebagai berikut:

a. Individu menolak atau menentang lingkungan

Dalam keadaan ini lingkungan tidak sesuai dengan yang ada dalam diri individu. Dalam keadaan yang tidak sesuai ini individu dapat memberikan bentuk atau perubahan lingkungan seperti yang dikehendaki oleh individu yang bersangkutan. Misalnya akibat banjir sebagian jalan terputus. Untuk mengatasi ini dibuat tanggul untuk melawan pengaruh dari lingkungan, sehingga orang tidak menerima begitu saja pengaruh lingkungan tetapi orang menolak atau mengatasi pengaruh lingkungan demikian itu.

b. Individu menerima lingkungan

Dalam hal ini keadaan lingkungan sesuai atau sejalan dengan yang ada dalam diri manusia. Dengan demikian individu akan menerima lingkungan itu.

c. Individu bersikap netral

Dalam hal ini individu tidak menerima tetapi tidak menolak. Individu dalam keadaan status quo terhadap lingkungan.

Minggu, 28 Desember 2008

BAHAN KULIAH MARTIKULASI (PPS UNSRI 2008/TP)

BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH

1. Pengertian Berpikir

Berpikir adalah satu keaktipan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Kita berpikir untuk menemukan pemahaman atau pengertian yang kita kehendaki. (Purwanto, Ngalim. 2000: 43)

Berpikir adalah sebagai suatu proses asosiasi saja; pandangan semacam ini yang dikemukakan oleh kaum assosiasionist. Sedangkan kaum fungsionalist mengemukakan berpikir adalah sebagai suatu proses penguatan hubungan antara stimulus dan respons. (Walgito, Bimo. 1997: 122)

Drever (dalam Walgito, Bimo. 1997: 122) mengemukakan masalah berpikir: “Thingking: any course or train of ideas; in the narrower and stricter sense, a course of ideas initiated by a problem”.

Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa berpikir bertitik tolak dari adanya persoalan atau problem yang dihadapi oleh individu.

2. Pendapat Bebarapa Aliran Psikologi tentang Berpikir

a. Psikologi Asosiasi mengemukakan, bahwa beroikir itu tidak lain daripada tanggapan-tanggapan yang dikuasai oleh hukum asosiasi. Aliran psikologi asosiasi berpendapat bahwa dalam alam kejiwaan yang penting ialah terjadinya, tersimpannya dan bekerjanya tanggapan-tanggapan. Pendapat inilah yang kemudian menimbulkan pendidikan dan pengajaran yang bersifat intelektualistis dan verbalistis. Tokoh yang terkenal dalam aliran ini ialah John Locke (1632-1704) dan Herbart (1770-1841).

b. Aliran Behaviorisme berpendapat, bahwa “berpikir” adalah gerakan-gerakan reaksi yang dilakukan oleh urat syaraf dan otot-otot bicara seperti halnya bila kita mengucapkan “buah pikiran”. Jadi menurut Behaviorisme “berpikir” tidak lain adalah berbicara. Pada behaviorisme unsur yang paling sederhana adalah refleks. Refleks adalah gerakan/reaksi tak sadar yang disebabkan adanya stimulus dari luar (bananiah) saja. Gejala-gejala psikis yang mungkin terjadi adalah akibat dari adanya gejala-gejala/perubahan-perubahan jasmainiah sebagai reaksi terhadap stimulus-stimulus tertentu. Menurut kaum behavioris (W. James) “ orang tidak menangis karena susah, tetapi orang susah karena menangis”. Juga J. B Watson, seorang behavioris yang lebih radikal lagi mengatakan bahwa: bahasa ialah gerak-gerak yang tertentu dari pangkal tenggorok dan bigian-bagian mulut lainnya, dan bunyi yang diakibatkannya. Senyum adalah gerak-gerak tertentu dari cuping hidung dan sudut mulut disertai kerlipan mata.

c. Psikologi Gestalt memandang, bahwa gestalt yang teratur mempunyai peranan yang besar dalam berpikir. Psikologi Gestalt berpendapat bahwa proses berpikir seperti gejala-gejala psikis yang lain merupakan suatu kebulatan. Gestalt memandang keaktifan itu merupakan keaktifan psikologi yang abtrak, yang prosesnya tidak dapat kita amati dengan alat indera kita. Proses berpikir itu dilukiskan sebagai berikut: “Jika dalam diri seseorang timbul suatu masalah yang harus dipecahkan, terjadilah lebih dahulu suatu skema/bagan yang masih agak kabur-kabur. Bgan itu dipecahkan dan dibanding-bandingkan dengan seksama.

Sehubungan dengan pendapat para ahli Gestalt, maka ahli-ahli psikologi sekarang berpendapat bahwa proses berpikir pada taraf yang tinggi pada umumnya melalui tahap-tahap sebagai berikut:

1. Timbulnya masalah, kesulitan yang harus dipecahkan,

2. Mencari dan mengumpulkan fakta-fakta yang diaangap ada sangkut pautnya dengan pemecahan masalah,

3. Taraf pengolahan atau pencernaan, fakta diolah dan dicernakan,

4. Taraf penemuan atau pemahaman, menemukan cara memecahkan masalah,

5. Menilai, meyempurnakan dan mencocokkan hasil pemecahan.

ü Adapun Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Berpikir:

1. Bagaimana seseorang melihat atau memahami masalah,

2. Situasi yang sedang dialami seseorang dan situasi luar yang dihadapi,

3. Pengalaman-pengalaman orang itu,

4. Bagaimana kecerdasan orang tersebut.

ü Beberapa Macam Cara Berpikir

1. Berpikir induktif

Berpikir induktif ialah suatu proses dalam berpikir yang berlangsung dari khusus menuju kepada yang umum. Orang mencari ciri-ciri atau sifat-sifat yang tertentu dari berbagai fenomena, kemudian menarik kesimpulan-kesimpulan bahwa ciri-ciri/sifat-sifat itu terdapat pada semua jenis fenomena tadi.

2. Berpikir Deduktif

Berpikir deduktif prosesnya berlangsung dari yang umum menuju kepada yang khusus. Dalam cara berpikir ini, orang bertolak dari suatu teori ataupun prinsip ataupun kesimpulan yang dianggapnya benar dan sudah bersifat umum. Dari situ ia menerapkannya kepada fenomena-fenomena yang khusus, dan mengambil kesimpulan khusus yang berlaku bagi fenomena tersebut.

3. Berpikir Analogis

Analogi berarti persamaan atau perbandingan. Berpikir analog ilah berpikir dengan jalan menyamakan atau memperbandingkan fenomena-fenomena yang biasa/pernah dialami. Di dalam cara berpikir ini, orang beranggapan bahwa kebenaran dari fenomena-fenomena yang pernah dialaminya berlaku pula bagi fenomena yang dihadapi sekarang.

Sabtu, 27 Desember 2008

RESUME PSIKOLOGI (MARTIKULASI PPS UNSRI) 2008

PENGANTAR DAN

PENGERTIAN PSIKOLOGI

A. Pengetian Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai suatu kesatuan yang bulat antara jasmani dan rohani. R.S Woodworth memberikan batasan tentang psikologi sebagai berikut: “Psychology can be defined as the science of the activities of the individual.”(Purwanto, Ngalim. 2000: 1)

Apa yang hendak diselidiki oleh psikologi ialah segala sesuatu yang dapat memberikan jawaban tentang apa sebenarnya manusia itu, mengapa ia berbuat/berlaku demikian, apa maksud dan tujuannya ia berbuat demikian. Secara singkat dapat kita katakan bahwa psikologi ialah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Tingkah laku manusia ialah segala kegiatan / tindakan / perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak keliahatan, yang disadari maupun yang tidak disadari, termasuk di dalam: cara ia berbicara, berjalan, berpikir/mengambil keputusan, cara ia melakukan sesuatu, cara bereaksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya, maupun dari dalam dirinya. Dengan kata lain bagaimana cara manusia itu berinteraksi dengan dunia luar, seperti yang dikatakan oleh Woodworth: “psychology studies the indivual’s activities in relation the environment”. (Purwanto, Ngalim. 2000: 2)

Cror $ Crow (dalam Purwanto, Ngalim. 2000: 2) menyatakan bahwa “Psychology is the study of human behavior and human relationship.”. Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun yang bukan manusia.

Sartian (dalam Purwanto, Ngalim. 2000: 2) menyatakan bahwa “Psychology is the scientific study of teh behavior of living oranism, with especial attention given of the behavior.”. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia.

B. Obyek-Obyek Psikologi

Obyek-obyek psikologi dapat dibedakan menjadi 2 macam:

1. Obyek material, yakni objek yang dipandang secara keseluruhannya, obyek material psikologi adalah manusia.

2. Obyek formal, obyek jika dipandang menurut aspek mana yang dipentingkan dalam penyelidikan psikologi. Misalnya:

· Pada zaman yunani s.d abad pertengahan, obyek formalnya adalah hakekat jiwa.

· Pada masa Descartes, obyek formalnya ialah gejala-gejala kesadaran, yakni apa-apa yang langsung kita hayati dalam kesadaran kita, antara lain tanggapan, perasaan, emosi-emosi, hasrat, kemauan dan sebagainya.

· Pada aliran Behaviorisme (di Amerika pada awal abad 20), yang menjadi obyek psikologi ialah tingkah laku manusia yang tampak (lahiriah).

· Pada aliran psikologi yang dipelopori oleh Freud, obyek formalnya adalah gejala-gejala ketikdasaran manusia.

C. Macam-macam Psikologi

Secara sistematis macam-macam psikologi dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu:

1. Psikologi metafisika, yang menyelidiki hakekat jiwa seperti yang dilakukan oleh Plato dan Aristoteles.

2. Psikologi empiri, yang menyelidiki gajala-gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia dengan menggunakan pengamatan (observasi), percobaan atau eksperimen dan pengumpulan berbagai macam data yang ada hubungannya dengan gejala-gejala kejiawaan manusia. Psikologi empiri dapat dibagi lagi atas:

a. Psikologi umum, yang menyelidiki/mempelajari gejala-gejala kejiwaan manusia pada umumnya.

b. Psikologi khusus, yang menyelidiki gejala-gejala kejiwaan manusia menurut aspek-aspek tertentu sesuai dengan pandangan serta tujuannya. Maka terdapatlah bermacam-macam psikologi, antara lain:

· Psikologi Perkembangan

· Psikologi Pemuda

· Psikologi Kodokteran (Patho psikologi)

· Psikologi Kriminil

· Psiko-Teknik

· Karakterologi (ilmu watak)

· Psikologi Pendidikan

· Psikologi Sosial

· Psikologi Gestalt

· Behaviorisme

· Psikologi Ketidaksaran (Psikoanalisa, Individual Psikologi dan Analitise Psikologi)

D. Hubungan Psikologi dengan Ilmu-ilmu Lain

Hubungan antara psikologi dengan ilmu-ilmu lain lain, terutama dengan antropolgi, sosiologi dan fisiologi:

a. Psikologi dan Antropologi

Antropologi berarti ilmu tentang manusia. Antropologi dapat dibagi menjadi dua bagian: antropologi fisik dan antropologi kebudayaan. Antropologi fisik berhubungan dengan ciri-ciri fisik dari berbagai manusia di dunia (mempelajari bermacam-macam ras, warna kulit, bentuk dan warna rambut, besar dan berat otak, ciri-ciri fisik lainnya, dan juga sifat-sifat intelektual dan emosional dari suatu kelompok manusia).

Antropologi kebudayaan berhubungan dengan berbagai kebudayaan, kepribadian yang tipikal yang terdapat dalam tiap kebudayaan, pengaruh-pengaruh kebudayaan terhadap kepribadian seseorang dan masyarakat.

b. Psikologi dan Sisiologi

Sosiologi adalah ilmu yang secara langsung berhubungan dengan tingkah laku manusia. Sisiologi memusatkan perhatiannya kepada tingkah laku kelompok. Ia mempelajari pengaruh-pengaruh kelompok terhadap individu-individu yang termasuk ke dalam kelompok itu. Masalah-masalah sosial yang diselidiki oleh sosiologi antara lain masalah-masalah kejahatan, kenakalan/kejahatan anak-anak, perceraian/talak, perkembangan dan perubahan sifat-sifat keluarga (family) dan sebagainya. Juga mengenai pengaruh tekanan-tekanan sosial terhadap kepribadian, dan cara tekanan sosial itu mempengaruhi individu. Sedangkan psikologi menekankan pada person individu, mengapa individu bertingkah laku seperti yang dia lakukan.

c. Psikologi dan Fisiologi

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi berbagai organ yang ada dalam tubuh manusia (seperti: fungsi perut dan hati, limpa dan empedu) dan berbagai sistem peredaran (seperti: peredaran makanan, peredaran darah). Juga mempelajari bagaimana organ-organ dan sistem-sistem peredaran itu berinteraksi satu sama lain. Psikologi mempelajari/menyelidiki mengenai pesona individu sebagai kesatuan antara jasmani dan rohani.